Jumat, 01 Juni 2012

Tips Mengoptimalisasi Kerja Otak Untuk Pelajar

BeritaRemaja.Com - Otak merupakan salah satu organ vital. Dalam kehidupan manusia otak menduduki strata teratas, fungsinya memegang kendali terhadap berbagai hal yang dilakukan manusia. Didalam otak, terdapat ribuan sel-sel aktif yang terkoneksikan dengan seluruh organ tubuh. Konektifitas tersebut menghasilkan berbagai tindakan yang dilakukan baik sadar maupun tidak sadar. Seperti ; Bergerak, Beriritabilitas, Berkembang dan lain sebagainya. Selain itu, otak juga berfungsi sebagai alat untuk menyimpan ingatan-ingatan tentang segala macam kejadian yang terjadi dalam hidup manusia.
Untuk pelajar, eksitensi fungsi otak akan menjadi lebih vital karena pelajar membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar untuk mengingat semua pokok-poko penting dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM). Menyerap berbagai informasi secara bersamaan mebuat kerja otak lebih berat, dan terkadang otak menjadi lelah sehingga daya kerjanya-pun menurun. Maka dari itu, kita perlu melakukan beberapa treatment atau Tips Untuk Mengoptimalisasi Kerja Otak.
Penampang Otak
Berikut ini adalah Tips Mengoptimalisasi Kerja Otak Untuk Pelajar :
1. Musik Klasik
musik klasik dipercaya dapat merangsang dan menstumulasi kerja otak, hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian ilmiah yang melibatkan musik serta efektivitasnya untuk meningkatkan kerja otak. Pelajar yang sering meluangkan waktunya untuk mendengarkan musik klasik terbukti memiliki skala prestasi lebih tinggi jika dibandingkan dengan mereka yang tidak. Maka dari itu, mulailah beralih dari musik-musik bising ( seperti musik-musik yang ber-genre Rock) menjadi pengagum musik klasik, hal ini dikarenakan pembuktian yang mengatakan bahwa musik-musik seperti itu akan mengurangi konsentrasi dan daya ingat.
2. Makanan Bergizi
Makanan bergizi merupakan nutrisi terbaik untuk otak. Hindarkan mengkonsumsi jajanan-janan yang banyak diperkaya bahan pengawet dan pewarna buatan karena secara tidak langsung kita sedang berhadapan dengan masa depan otak kita sendiri. Makanan-makanan yang mengandung bahan-bahan kimia berbahaya akan mengurangi dan menghambat kinerja otak.
3. Tidur 8 jam per Hari
Tidur adalah sarana untuk meminimalisir kerja otak yang lelah setelah seharian bekerja keras, sarana untuk meng-Up Grade kapasitas otak. Tidur yang cukup akan membantu memulihkan konsentrasi. Untuk dewasa, waktu tidur yang baik adalah dalam kurun waktu 8 jam, tidak kurang tidak lebih.
Untuk Pelajar, treatment-treatment di atas sangat penting dilakukan untuk membantu meningkatkan prestasi belajarnya dalam Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) di sekolah. Semoga Tips Mengoptimalisasi Kerja Otak Untuk Pelajar, bermanfaat untuk anda semua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar